Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit

Bagi anda yang pernah menderita sembelit tentunya sudah tau bagaimana menyiksanya penyakit ini. Selain menjadi susah buang air besar, kotoran yang kita keluarkan akan keras dan bisa menyebabkan sakit saat buang air besar. Namun anda tidak perlu khawatir lagi ketika anda mendapatkan penyakit ini karena, penyakit ini datang dari makanan yang anda konsumsi sehari-hari dan ada cara untuk menanggulangi masalah ini. Untuk itu, kita perlu memahami tentang bagaimana cara mengatasi sembelit, dan kita pula perlu mengenal lebih dalam lagi tentang penyakit yang sangat menyiksa setiap orang ini. Selain makanan, sembelit juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor lainnya yang kadang tidak kita duga sebelumnya.

 

Cara Mengatasi Sembelit Dengan Menjaga Makanan

 

Yang terjadi dalam tubuh kita ketika mengalami sembelit adalah usus besar menyerap air dari makanan yang kita konsumsi dalam jumlah yang besar dan berada di usus besar itu sendiri. Hal ini terjadi karena proses pencernaan makanan berjalan lambat, dan karena lambatnya proses itu makanan terlalu lama berada pada usus yang pada akhirnya akan menyebabkan usus menyerap air terlalu banyak. Cara mengatasi sembelit sangat penting diketahui karena selain dapat membuat sakit saat buang air besar, bisa juga menyebabkan seorang penderita sembelit tidak bisa buang gas. Hal ini disebabkan karena kotoran yang terlalu keras, menghambat gas yang akan keluar melalui anus yang tentunya juga akan mengganggu aktivitas atau kegiatan kita sehari-hari.

 

Penyebab sembelit yang pertama adalah kurangnya konsumsi makanan berserat. Seseorang yang kurang mengkonsumsi makanan berserat tentunya juga akan kekurangan serat, padahal serat itu sendiri membantu proses pencernaan sehingga makanan tidak berada terlalu lama di usus. Biasanya sembelit terjadi pada orang-orang yang jarang mengkonsumsi makanan berserat dan hanya mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging, keju, telur dan masih banyak contoh makanan berlemak yang lain. Oleh karena itu cara mengatasi sembelit bagi mereka yang kurang dalam mengkonsumsi makanan berserat sangatlah mudah. Anda sebaiknya mulai sekarang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur, biji-bijian dan buah-buahan, dimana jenis makanan ini akan membantu proses pencernaan anda.

 

Cara Mengatasi Sembelit Dengan Berolah Raga

 

Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab sembelit adalah kurang aktivitas dan jarang olahraga. Jika anda adalah orang yang kurang aktivitas dan jarang sekali berolahraga, anda bisa saja beresiko terkena sembelit. Biasanya hal ini adalah penyebab utama sembelit pada orang yang sudah tua. Seperti kita ketahui, orang yang sudah tua tidak banyak memiliki aktivitas dan juga jarang berolahraga. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur berbaring di tempat tidur, dalam beberapa minggu, dia akan beresiko tinggi terkena penyakit sembelit ini. Oleh karena itu, bagi anda yang tidak memiliki banyak aktivitas cara mengatasi sembelit adalah dengan menyibukkan diri anda dengan aktivitas seperti olahraga. Contoh olahraga yang baik bagi orang yang sudah tua adalah jalan santai atau jalan cepat.

 

Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan terjadinya sembelit. Jenis-jenis obat-obatan tersebut adalah narkotika, antidepresan, antikonvulsan, dan obat yang menahan kalsium. Selain faktor obat, kehamilan juga menjadi penyebab penyakit sembelit pada ibu hamil karena terjadinya perubahan hormon dan terhimpitnya perut oleh kandungan yang setiap bulannya semakin besar. Selain beberapa faktor yang telah disebutkan diatas, masih banyak penyebab lainnya yang menyebabkan sembelit. Namun, cara mengatasi sembelit adalah banyak mengkonsumsi air paling tidak sekitar 3 liter setiap harinya. Perbanyak juga mengkonsumsi makanan berserat agar proses pencernaan lancar. Mengurangi jenis makanan yang mengandung lemak yang tinggi juga akan membantu mengatasi sembelit. Dan yang terakhir adalah dengan meningkatkan aktivitas sehari-hari anda.

 

Previous Post

No more post

You May Also Like